Kebiasaan Nabi ketika bangun tidur

Dakwah hijrah islami, Kebiasaan Apa yang Anda lakukan setelah Anda bangun dari tidur? Malas-malasan,Mandi ,langsung minum/makan, atau  ada aktivitas lainnya? Sebagai muslim yang taat dalam islam, pastilah kita selalu berusaha mencontoh semua aktifitas dan perilaku Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam, salah satunya tentang kebiasaan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam setelah bangun dari tidur.

Gambar kebiasaan nabi ketika bangun tidur

Kebiasaan Nabi Ketika Bangun Tidur

Dengan mencontoh kebiasaan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam Setelah Bangun Tidur, maka kita tidak hanya mendapatkan banyak manfaat, manfaat dunia dan juga akhirat. Ingin tahu, bagaimana kebiasaan yang dilakukan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam setelah bangun tidur? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Setiap aktivitas nabi yang kita pelajari lalu Anda amalkan, maka saat itulah jika kita mengamalkan mengikuti tuntunan nabi, maka pahala langsung dituliskan . Dan ketika mengamalkan harus di niatkan terlebih dahulu.

Berikut Aktivitas yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ketika bangun dari tidur

1. Duduk terlebih dahulu
Rasulullah Ketika baru bangun tidur duduk sejenak untuk menghilangkan rasa kantuknya. menyesuaikan diri sehingga merasa Nyaman dan tenang. Lalu Beliau menghilangkan rasa kantuk dengan menusap wajah dengan kedua tangan.
Seperti apa yang disebutkan dalam sebuah hadis yang artinya: “Setelah Rasulullah SAW bangun dari tidur, maka beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangan, kemudian beliau membaca 10 ayat yang terakhir dari surah Ali-Imran”. (HR. Muslim)

2. Berdoa
Rasulullah setelah duduk sejenak lalu berdo'a. Berikut Doa Rasulullah setelah bangun tidur dengan lafal sebagai berikut:



َلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ
Artinya: Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kami dikembalikan [HR. Bukhari]

Maksud dari ayat tersebut adalah segala puji untuk Allah yang memberi saya kesempatan hidup kembali, setelah Engkau menahan nyawa saya sementara waktu, amaatanaa itu artinya meninggal sebenarnya atau mati sungguhan, tapi jika ada kalimat ba’damaa amaatanaa ditahan sementara waktu nyawa kita lalu di teruskan kembali kehidupan kita, dalam konteks dunia artinya ditahan sementara waktu untuk tidak beraktifitas lalu dikembalikan untuk beraktifitas kembali maka perbaikilah amalan kita, karena kita masih diberi kesempatan hidup kembali dan memperbaiki kesalahan kita.

3. Mencuci kedua telapak tangannya
Sunnah  ketika bangun tidur adalah mencuci kedua tangan sebanyak 3 kali. Dari sahabat nabi Abu Hurairoh Radhiallahu anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam berpesan

gambar kebiasaan nabi setelah bangun tidur

4. Bersiwak
Bersiwak merupakan salah satu sunah Rasul yang memiliki banyak manfaat. Ini merupakan kebiasaan yang dilakukan Rasulullah ketika baru bangun tidur. Zaman sekarang sangat berbeda dengan zaman Nabi, mungkin orang lebih banyak menggunakan sikat gigi untuk membersihkan mulut ketika baru bangun tidur. Walau sebenarnya siwak sangat bagus untuk kesehatan mulut Anda.
Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa:
"Kebiasaan Rasulullah apabila bangun pada malam hari, beliau menggosok giginya dengan siwak." [HR. Bukhari dan Muslim]

5. Berwudhu sempurna

6. Solat Tahajud
Kebiasaan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam setelah bangun tidur pada malam hari selalu melaksanakan shalat Tahajud, ini adalah shalat sunnah yang selalu di kerjakan Rasul. Tentunya dalam melaksanakan shalat tahajud banyak sekali manfaatnya, rugi jika kita tidak mengerjakan shalat yang satu ini.

Setelah memahami kebiasaan Rasulullah SAW setelah bangun tidur diatas, masihkah kita enggan mengikutinya sunah tersebut? Dengan mengikuti sunah Rasul tentunya kita kan mendapat manfaat dan pahala tentunya. Semoga informasi yang memuat kebiasaan Rasulullah Setelah Bangun Tidur diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan tentunya kita dapat mengikuti sunah Rasul yang diajarkan.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon