Tata Cara Shalat Taubat Dan Pengertiannya

Dakwah hijrah islami, Shalat Taubat adalah shalat sunah yang dikerjakan dengan tujuan untuk meminta ampunan kepada Allah SWT, karena merasa sudah berbuat dosa, dengan dilaksanakannya sholat taubat berharap bisa memperbaiki diri dan tidak mengulangi dosa tersebut. Shalat taubat dikerjakan dengan jumlah Raka’at minimal 2 Raka’at dan maksimal dikerjakan 6 Raka’at. Tidak dibatasi waktu dalam pengerjaan shalatnya, hanya saja ada beberapa waktu yang dilarang dalam pengerjaaan shalat sunnah.
gambar shalat taubat

Taubatan Nasuha

Taubatan Nasuha artinya Taubat yang dilakukan secara bersungguh-sungguh, dengan niat atau tekad yang bulat , tidak akan mengulangi perbuatan dosa yang sudah dilakukan. Tanpa adanya usaha untuk memperbaiki diri, taubat tersebut belum bisa disebut taubat nasuha karena belum bersungguh-sungguh dalam melaksanakan taubatnya. Allah selalu membuka pintu rahmat pengampunan dosa bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh untuk meninggalkan perbuatan dosa tersebut.

Waktu yang baik pelaksaanan shalat Taubat 

Waktu dalam melaksanakan sholat taubat ini tidaklah dibatasi kapan saja, Anda bisa melaksanakan shalat taubat di pagi hari, sore hari, malam hari, Solat sunat Taubat afdhol (lebih baik) dilakukan selepas terasa melakukan perbuatan dosa. Pelaksaan  sholat taubat ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap umat Muslim.

Taubat sebaiknya jangan ditunda, untuk mendekatkan kita pada Sang maha Pencipta Allah SWT, dengan bertaubat hati kita menjadi tenang dan tentram. Cara pelaksanaan shalt taubat sama dengan shalat fardu, hanya niatnya saja yang berbeda.

Niat dalam shalat Taubat

gambar niat shalat taubat


“ Aku niat mengerjakan shalat sunnat taubat dua raka’at karena Allah Ta’ala. Allah maha Besar.”

Bacaan dalam shalat Taubat
Bacaan yang di baca setelah surat Alfatihah, pada rakaat pertama Anda dianjurkan membaca surah Al-Kafirun dan pada raka’at kedua membaca Surah A-Ikhlas.

Doa Setelah Shalat Taubat Nasuha
Setelah Anda mengerjakan Shalat Taubat duduklah dengan khusyu dan tenang, lalu membaca Dzikir Sholawat Nabi, Tahmid dan bacaan Tahlil setelah itu perbanyaklah membaca bacaan Istighfar yang dibaca minimal 100x, manfaat dari Istighfar itu sendiri adalah untuk memohon ampunan atas doa kita kepada Allah SWT.

Bacalah istighfar  sebanyak 10 atau 100 kali ;

gambar istigfar


Selama beristighfar hendaknya kita mengingat dosa yang telah dilakukan. Dengan penyesalan yang sungguh sungguh memohon ampun dengan sebenar-benarnya menyesal dan tidak akan mengulanginya lagi.


Kemudian membaca Sayyidul Istigfar seperti dibawah ini

gambar doa sesudah shalat taubat

gambar doa sesudah shalat taubat
Dan kita harus yakin Allah Maha Pengampun segala dosa, sebesar apapun dosa yang kita lakukan.  Harus di Ingat, Allah memberikan rahmat dan hidayah kepada orang yang dikehendaki-Nya. Maka bersungguh-sungguhlah kita dalam meminta ampunan Allah SWT. Salah satu caranya dengan melaksakan shalat taubat di atas Niscaya Allah akan mengampuni dosa dosamu.

Demikian perincian shalat taubat, tata cara shalatnya, serta bacaan yang harus di baca dalam shalat taubat, semoga dapat bermanfaat.Amiin.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon