Niat dan Tata Cara Shalat Istikharah (Lengkap dengan doa)

Dakwah hijrah islami, SHALAT ISTKHARAH ~ Shalat istikharah termasuk sholat sunnah dan sholat ini dilaksanakan jika kita tengah menghadapi suatu pilihan, agar Allah SWT memberikan pilihan terbaik dari dua atau beberapa pilihan yang meragukan, dengan melaksanakan shalat istikharah kita mampu memilih suatu pilihan dengan benar dan sesuatu yang terbaik di sisi Allah SWT.
gambar shalat istikharah

Seseorang yang sedang dihadapkan pada suatu pilihan, dan tidak tahu bagaimana menentukan pilihan yang tepat dan sesuai, bisa melaksanakan shalat istikharah agar mendapatkan petunjuk untuk bisa memilih yang paling tepat dan baik untuk agama dan penghidupannya.

Mungkin beberapa orang belum tahu tata cara shalat istikharah, serta bacaan atau doa yang harus di baca dalam shalat istikharah. Padahal shalat sunnah ini adalah shalat sunnah yang paling dianjurkan karena manusia pasti seringkali dihadapkan pada pilihan hidup dan keputusan yang sangat berpengaruh dalam hidupnya.

Bacaan dan gerakan dalam shalat istikharah sama dengan shalat sunnah yang lain, yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam, dilaksanakan dalam dua raka’at. Dan Waktunya bisa Anda kerjakan siang atau pun malam hari, dan dianjurkan pada sepertiga malam terakhir karena merupakan waktu mustajabah bagi doa dan permohonan

Lafaz Niat Shalat sunnah Istikharah


gambar niat shalat istikharah


Berikut Tata Cara mengerjakan Shalat Istikharah


a. Pada raka’at pertama setelah Al-fatihah dibaca surat Al-Kafiruun, lalu dilanjutkan dengan membaca surat AL-Qashash ayat 68-69, sebanyak 7 kali, yaitu ;

gambar al-qashash 68-69


b. Pada raka’at kedua setelah Al-fatihah dibaca surat Al-Ikhlas, lalu dilanjutkan dengan membaca surat AL-Ahzaab ayat 36, sebanyak 7 kali, yaitu ;

gambar AL-Ahzaab 36

       

kedua ayat di atas sesuai dengan keadaan dalam shalat istikharah

Berikut Doa Setelah Shalat Istikharah

gambar doa sesudah istikharah

gambar arti doa istikharah


Setelah shalat istikharah dilaksanakan dengan izin Allah maka akan terbuka hatinya untuk memilih salah satu dengan kemantapan hati. Namun apabila belum ada kemantapan hati maka di lanjutkan dengan shalat istikharahnya sampai beberapa kali minimal di ulangi doa saja, sebaiknya sampai tujuh kali. Setelah itu silahkan memilih perkara yang ada dalam hati kita (bukan harus dapat isyarat lewat mimpi), Insya Allah hal tersebut adalah yang terbaik. Apabila hatinya masih galau kepada salah satu perkara, maka hendaklah pilih satu dari perkara yang telah di cita-citakan tersebut dengan bertawakal kepada Allah. Insya Allah dengan kita melaksanakan dan barakah shalat istikharah, pilihan tersebut merupakan perbuatan yang baik.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bisa bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan tentang shalat istikharah. Semoga kita selalu menjadi orang yang selalu dalam lindungan Allah SWT, dan senantiasa memberikan kebaikan kepada orang di sekeliling kita. Amiin.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon