Shalat Dhuha, Niat Shalat Dhuha, 4 keutamaan shalat Dhuha

Dakwah hijrah islami, Shalat Dhuha - Shalat Dhuha adalah Shalat Sunnah yang dapat dikerjakan pada waktu Pagi Hari atau waktu dhuha yakni ketika matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah, yang kira kira antara jam tujuh, delapan, sembilan  sampai masuk waktu shalat dzuhur.
Gambar Shalat Dhuha

Shalat Dhuha ini sedikitnya dikerjakan dua raka’at dan sebanyak-banyaknya dua belas raka’at dengan setiap dua raka’at dan satu salam. Dan cara mengerjakannya sama seperti mengerjakan shalat sunnah dua raka’at, baik gerakkannya maupun bacaannya, yang dimulai dari takbirahtul ihram dan diakhiri dengan salam, hanya saja niatnya berbeda. Cara pelaksaan Shalat Dhuha sama dengan Shalat Fardhu dalam setiap gerakannya, yang membedakan hanyalah niat dalam shalatnya.

Shalat dhuha memang sangat bermanfaat untuk membukakan pintu rezeki, bukan hanya itu tetapi juga membantu dalam mendapatkan kesuksesan yang kita inginkan. tapi kesuksesan juga tidak bisa didapatkan hanya dengan berdoa saja tanpa adanya usaha, agar lebih seimbang dan juga menjadi keberkahan, semuanya harus dilakukan  dengan berusaha dan ditunjang dengan berdoa, salah satunya adalah dengan menjalankan Shalat Dhuha tersebut.

Allah SWT menjanjikan Bagi siapa yang Shalat Dhuha 4 raakaat , kata Nabi Shallallahu’ Wa alaihi Wa Sallam dalam hadist, Allah SWT berfirman “ Hai anak Adam Ruku untuk Ku 4 Rakaat di awal pagi (Dhuha) , apa saja yang kau mau akan Aku penuhi hajatmu pada hari itu” (Hadist Riwayat Imam Ahmad, Abu Daud)

Boleh tidak jika kita Shalat supaya hajat kita di penuhi dalam Dhuha, bukan hanya boleh memang harus begitu, karena kita beribadah mengejar apa yang Allah SWT Janjikan. Jadi berlomba-lomba lah dalam kebaikan untuk mengejar dan mendapatkan janji Allah SWT.

Niat Shalat Dhuha


gambar shalat dhuha


“USHALLI SUNNATADH DHUHAA RAK’ATAINI  MUSTAQBILAL QIBLATI ADAAN-LILLAAHI TA’AALAA”
Artinya

“Saya niat mengerjakan Shalat sunnah dhuha 2 rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”.
Untuk shalat dhuha ini sebaiknya pada raka’at pertama sesudah memebaca surat Al-fatihah diteruskan denan membaca surah Asy-Syamsu dan pada raka’at kedua membaca surat Adh-Dhuha.

Keutamaan Shalat Dhuha merupakan salah satu di antara Shalat sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Begitu Banyak penjelasan hadits yang telah menyebutkan berbagai keutamaan dan keistimewaan Shalat Dhuha bagi siapa saja yang melaksanakannya.

Ada 4 keutamaan dari Shalat Dhuha


1. Mengganti Sedekah dengan seluruh persendian

Gambar Mengganti Sedekah dengan seluruh persendian

2. Akan dicukupkan kebutuhan pada hari tersebut
Gambar Akan dicukupkan kebutuhan pada hari tersebut

3. Mendapat Pahala Haji dan Umrah yang sempurna
Gambar Mendapat Pahala Haji dan Umrah yang sempurna

4.Termasuk Shalat Awwabin (Orang yang kembali Taat).
Gambar Termasuk Shalat Awwabin (Orang yang kembali Taat).

Itulah empat Kelebihan, Keistimewaan dan Keutaman dari Shalat Dhuha menurut beberapa Hadist - Hadist yang Shahih atau dapat dipercaya Demikian sedikit Penjelasan tentang Shalat Dhuha, bacaan Shalat Dhuha, dan keutamaan Shalat Dhuha, dengan mengetahui keutamaan Shalat Dhuha yang luar bisa menjadikan kita memahami lagi pentingnya Shalat Sunnah Dhuha. sangat rugi jika kalian para muslim tidak berusaha untuk menunaikan dan mengerjakanya. Semoga Bermanfaat.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon