Jaminan Allah Bagi Orang shalat Tahajud

Dunia hijrah islami, Jaminan Allah bagi orang shalat TahajudSalat tahajud adalah salat sunnat yang dikerjakan di malam hari atau sepertiga malam dan dilakukan sesudah atau setelah tidur. Solat malam dibagi dua sifat dikerjakan sebelum tidur atau disebut qiyamul lail, dan satu lagi dikerjakan sesudah tidur yaitu Tahajud, Tahajud dari kata hajada yang artinya berbaring kemudian bangkit.
gambar orang shalat Thajud

Jaminan Shalat Tahajud


Jika Anda ingin melaksanakan Tahajud Adab Qurannya atau ketentuan pertama, jangan langsung melaksanakannya, ini tidak mudah, yang paling penting bisa dilakukan sebelum amalan di kerjakan, kata Quran keluarkan dulu keutamaannya. Kira kira keistimewannya apa? Dengan mengerjakan tahajud ini ! apa yg bisa anda dapatkan, dengan mengeluarkan keistimewan atau keutamaan lalu Anda catat dan Anda ingat, ini akan menjadikan motivasi bagi Anda untuk melaksanakanya. Rumus ini dalam istilah fiqih disebut wa’dun,

Pengertian Wa’dun adalah janji positif atau keutamanan yang Allah SWT siapkan bagi hamba-Nya yang mengerjakan ibadah tertentu, Dalam Quran orang yang tahujud dijamin oleh Allah QS.17 ayat 79-81.

Allah jamin akan memberikan 4 hal, pada orang yang melakukan tahajud, yang tidak akan pernah diberikan kepada orang yang tidak tahajud, walaupun solat fardu Anda khusunya luar biasa.
  1. Orang yang melaksanakan sholat Tahajud akan diangkat karier atau derajatnya
  2. Orang yang melaksanakan sholat Tahajud akan dimudahkan pekerjaannya di bimbing Allah mengawali aktivitasnya. Ketika seseorang dibimbing oleh Allah tidak mungkin menemukan teman yang jelek, tidak mungkin menemukan makanan yang buruk, tidak mungkin menemukan pakaian yang buruk dan sebagainya.
  3. Orang yang melaksanakan sholat Tahajud di berikan solusi terbaik ketika kena Musibah
  4. Orang yang melaksanakan sholat Tahajud Jika ada orang yang ingin mengganggu, menyudutkan atau menjatuhkan dirinya, akan langsung ditolong oleh Allah tanpa perantara.      
Tahajud termasuk shalat sunnat mu'akad (salat yang dikuatkan oleh syara').
Sifat Tahajud Rasulullah SAW

Bacaan
Bagus dan panjang                                                                                                                                        Dalil : (HR. Al-Bukhari no. 3569 dan Muslim no.738)

Gerakan
Amat tenang (thuma’ninnah khusu, lama berdiri)                                                                                            Dalil : (HR. Al-Bukhari no. 3569 dan Muslim no.738 dan 756)

Jumlah raka’at
Tak terbatas dengan witir 1 raka’at (Hadist Riwayat Ibnu Umar)                                                                    13 Rakaat (Hadist Riwayat Ibnu Abbas)                                                                                                  11 Rakaat (Hadist Riwayat Aisyah)

Niat dalam Shalat Tahajjud

niat sholat tahajud
USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA
Waktu yang baik untuk melaksanakan Tahajud

Sepertiga malam yang pertama
Shalat tahajud juga dapat dikerjakan pada waktu sepertiga malam pertama. Rentang waktu ini adalah setelah sholat Isya’ hingga sekitar pukul 22.00. jangan lupa , Shalat Tahajud harus diawali dengan tidur terlebih dahulu meski sejenak.
Sepertiga malam yang kedua
Waktu Sepertiga malam kedua menjadi salah satu waktu terbaik untuk menjalankan Shalat Tahajud. Rentang waktu ini pada pukul sekitar 22.00 hingga pukul 01.00 dini hari.
Sepertiga malam yang terakhir
Waktu ini adalah waktu yang paling utama atau waktu yang paling baik untuk melaksanakan Shalat Tahajud. waktu sepertiga malam terakhir antara pukul 01.00 hingga sebelum memasuki waktu subuh atau fajar.

Begitu besar faedah dari solat Tahajud karena dilaksanakan pada waktu dimana semua orang sedang beristirahat dan terlelap di malam hari. Dan sepertiga malam yang terakhir merupakan waktu yang paling baik dan waktu tersebut sesuai apa yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Demikian sedikit perincian tentang Jaminan Allah untuk orang shalat Tahajud dan keutamannya, Semoga kita selalu dimudahkan oleh Allah SWT untuk membiasakan sholat tahajud sehingga kita merasakan keistimewaan dan keutamaan dari solat tahajud yang sangat luar biasa.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon