Pengertian Iman kepada Allah SWT

Dunia hijrah islami, Pengertian Iman kepada Allah SWT - Dalam kehidupan Manusia memiliki dua kebutuhan hidup, ada kebutuhan jasmani ada kebutuhan Rohani, kebutuhan jasmani manusia membutuhkan udara, air, dan juga makanan, dan untuk kebutuhan Rohaninya adalah Iman kepada Allah SWT. Sebagai manusia biasanya kita diwajibkan untuk iman kepada Allah SWT dan beriman kepada Rasul-Nya dan seluruh yang di ciptakan oleh Allah SWT.
Gambar Pengertian Iman kepada Allah SWT

Pengertian orang yang beriman.

Orang yang beriman adalah orang yang percaya bahwa Allah SWT adalah Ilah yang benar, yang mengerjakan apa yang dikehendaki-Nya, yang menurunkan kitab-kitab suci, mengutus para Rasul dan Nabi, yang menghidupkan dan juga yang mematikan.

Salah satu buah dari Iman seseorang kepada Rabbnya adalah khauf (takut) kepada ancaman Allah SWT, juga raja "harapan" janji-Nya. Selain itu buah dari Iman sendiri ialah mentaati segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala yang dilarangan-Nya, sabar terhadap hukum Allah SWT, dan bersyukur atas segala nikmat yang dianugerahkan Allah kepada kita.

Selain itu, kita juga harus Ridha atas ketentuan (qadha) Allah SWT, selalu mengadakan muhasabah (intropeksi) kepada diri kita sendiri karena khawatir akan segera menjumpai-Nya (menghadap kematian). Buah dari iman yang lain adalah timbulnya mababbah (rasa cinta), Shidiq (jujur), memiliki haya (rasa malu), dan sifat-sifat baik lainnya.

Barang siapa yang tidak memiliki sifat-sifat tersebut, maka Dia belum mencapai Iman kepada Allah SWT, Allah berfirman :   


۞ قَالَتِ الْأَعْرَابُ آمَنَّا ۖ قُلْ لَمْ تُؤْمِنُوا وَلَٰكِنْ قُولُوا أَسْلَمْنَا وَلَمَّا يَدْخُلِ الْإِيمَانُ فِي قُلُوبِكُمْ ۖ وَإِنْ تُطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ لَا يَلِتْكُمْ مِنْ أَعْمَالِكُمْ شَيْئًا ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Arti dari ayat tersebut: "Orang-orang Arab Badui itu berkata:"Kami telah beriman"Katakanlah(kepada mereka), Kamu belum beriman, tapi katakanlah 'kami telah tunduk (islam)', karena iman belum masuk ke dalam hatimu,Dan jika kamu taat kepada Allah dan Rasul-Nya,, Dia tidak akan mengurangi sedikit pun (pahala) amalmu. Sungguh Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang".
(QS. Al-Hujurat 49: Ayat 14)

Allah SWT lalu menerangkan sifat-sifat kaum mukminin dan mukminat yang sebenarnya dan sejujurnya melalui firman-Nya :
۞ إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ

Arti ayat diatas "Sesungguhnya orang-orang mukmin yang sebenarnya adalah mereka yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu, dan mereka berjihad dengan harta dan jiwanya di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar."
(QS. Al-Hujurat 49: Ayat 15)

Demikian yang dapat saya sampaikan sedikit penerangan tentang Iman kepada Allah SWT yang baru dipahami oleh saya pribadi, semoga para sahabat kaum mukminin dan mukminat dapat mengambil manfaatnya, sekian dan terima kasih wassalam.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon