Amalan Sholeh

Dunia hijrah islami, Amalan Sholeh - Jika kita mempunyai Masalah lalu kita beramal, berarti amal kita sekarang ini bisa dipakai untuk masalah kita yang berikutnya. Sedangkan masalah kita yang sekarang ini, apakah bisa diatasi? Jika kita tidak mempunyai Amalan di masa lalu, maka masalah ini menjadi bagian penghapusan dosa dosa kita, jika dosa kita sudah dihapuskan Niscaya masalah kita akan selesai.
gambar amalan sholeh


Hadist Tirmidzi :

Sehingga para Ulama diambil dari sebuah Hadist mengatakan bahwa :

 "Idza Kasurat Dzunubul‘Abdi                                                                                                                    Walam Yakullahu Min’Amalain Liyukaffiraha                                                                                         Fabtala Hullahu Bilhazan Liyukaffiraha”

Yang Artinya :

 Jika Ada seorang Hamba yang dosanya banyak dan dia tidak punya cukup amal untuk menghapuskan dosa dosanya itu, Maka Allah SWT akan memberikan dia masalah atau Ujian untuk menghapuskan dosa dosanya. (Hadist Riwayat Tirmidzi)

Cara Allah menghapuskan dosa Hambanya ada tiga Cara :
  • Dengan dia bertaubat
  • Dengan beramal shaleh
  • Dengan memberikannya Musibah
Dan jika amal sholeh kita kurang, atau dosa kita dimasa lalu terlalu besar, maka Allah SWT akan memberikan kita Musibah untuk menghapuskan dosa dosa kita. Sehingga benar, jika Ulama yang mengatakan banyak banyaklah beramal, karena amal kita selain akan mengangkat derajat kita, dan amal itu jugalah yang akan menjadi penghapus dosa dosa kita. Sehingga jika dosa kita sudah dihapuskan dengan Amal sholeh Insya Allah, Allah tidak akan memberikan kita Ujian ataupun Musibah yang besar dalam hidup kita, kecuali hanya ujian iman saja.

Ujian itu Banyak Bentuknya, ada ujian iman, ada ujian karena kesalahan kita, Ada ujian karena dosa dosa kita, Ada ujian untuk mengangkat derajat kita, ada ujian untuk menguji orang lain lewat kita, itulah bentuk bentu ujian, intinya setidaknya berkuranglah beberapa jenis ujian salah satunya karena dosa dosa dan kesalahan kita, karena dosa kita sudah dihapus dengan amal sholeh. Maka perbanyaklah amalan amalan sholeh, jadi jangan tunggu kita mendapatkan masalah baru beramal sholeh, Jika sedang kesusahan baru rajin tahajud, pas mendapat masalah baru rajin I’tikaf. Jadikan lah amal sholeh sebagai tabungan kita untuk menyelesaikan masalah kita di masa yang akan datang.

Allah SWT berfirman:
fazkuruuniii azkurkum wasykuruu lii wa laa takfuruun
"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 152)

Yang berarti Allah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk mengingat-Nya, dan menjanjikan baginya sebaik-baik balasan  yaitu bahwa Allah akan mengingatnya pula, yaitu bagi orang yang ingat kepadanya.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon