10 Macam Shalat Sunnah

Dakwah hijrah islami, 10 Macam Shalat SunnahShalat Sunnah  Adalah Shalat yang jika dikerjakan berpahala dan jika ditinggalkan tidak berdosa. Manfaat Shalat Sunnah sendiri sangat banyak manfaatnya selain untuk menenang kan hati dan pikiran juga selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta yaitu Allah SWT.
gambar solat sunnah


Berikut berbagai macam Shalat Sunnah dan pengertiannya :

  1. Shalat Sunnah Tahajud
  2. Shalat Sunnah Dhuha
  3. Shalat Sunnah Rawatib
  4. Shalat Sunnah Taubat
  5. Shalat Sunnah Tahyatul Masjid
  6. Shalat Sunnah Istiqarah
  7. Shalat Sunnah Tasbih
  8. Shalat Sunnah Gerhana
  9. Shalat Sunnah Witir
  10. Shalat Sunnah Hajat

Pengertian Shalat Sunnah


1. Shalat Sunnah Tahajud
Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan atau dilaksanan pada waktu malam hari dan terbagi menjadi 3 waktu malam.  Pelaksanaannya dalam satuan 2 raka’at untuk satu kali salam. Solat Tahajud harus di awali dengan tidur terlebih dahulu dan mengerjakannya sesudah shalat‘Isya.

Dilaksanakan di awal malam pertama yakni antara waktu ‘Isya sampai sekitar pukul 22:00 malam (sepertiga malam pertama), atau dikerjakan pada tengah malam, antara pukul 22:00 sampai pukul 01:00 dini hari (sepertiga malam kedua), dan paling utama apabila dikerjakan pada akhir malam, antara pukul 01:00 dini hari sampai menjelang Shalat Subuh (sepertiga malam terakhir).

2. Shalat Sunnah Dhuha.
Merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pada pagi hari sekitar jam 07:00 pagi, Sholat Dhuha dikerjakan setelah terbit matahari hingga menjelang masuk waktu Zhuhur. Waktu dimana matahari terbit atau naik sekitar 7 hasta sampai terasa panas.
Sholat dhuha dikerjakan dua rakaat salam – dua rakaat salam. Jumlah rakaat dalam solat Dhuha minimal dua rakaat. Tapi Rasulullah terkadang mengerjakan sholat dhuha empat rakaat, bahkan delapan rakaat. Namun sebagian dari ulama tidak membatasinya.

3. Shalat Sunnah Rawatib
Shalat Rawatib yaitu shalat sunnah yang biasa dikerjakan sebelum atau sesudah shalat fardu atau shalat wajib. Seluruhnya dari shalat rawatib berjumlah 12 raka’at, dengan rincian sebagai berikut:

Shalat Subuh     : dua raka’at sebelum subuh (qabliyah 
Shalat Dzuhur   : empat raka’at sebelum dzuhur qabliyah
Shalat Dzuhur   : dua raka’at sesudah dzuhur ba’diyah.
Shalat Maghrib : dua raka’at sesudah magrib ba’diyah.
Shalat ‘Isya        : dua raka’at  sesudah isya ba’diyah,

4. Shalat Sunnah Taubat
Shalat sunnah taubat adalah shalat sunah yang dikerjakan dengan tujuan untuk meminta ampunan Allah SWT atas dosa (atau merasa berbuat dosa) dan kemudian sadar bahwa apa yang telah ia kerjakan itu adalah sesuatu yang salah,  sehingga harus memohon ampunan kepada Allah SWT dan berniat untuk tidak melakukan atau mengulangi kesalahan itu lagi.  Shalat sunnah taubat ini sedikitnya dikerjakan 2 raka’at, dan maksimal dikerjakan 6 raka’at dengan ketentuan satu kali salam setiap 2 raka’at.

5. Shalat Sunnah Tahiyyatul Masjid
Shalat Tahiyatul Masjid adalah shalat sunat dua rakaat yang dilaksanakan oleh jama’ah yang baru masuk ke masjid, dengan tujuan untuk memberikan penghormatan terhadap mesjid sebagai rumah Allah SWT. Shalat ini bisa dilakukan kapan pun oleh jama’ah yang berada di mesjid.
Jika kita masuk kedalam masjid, hendaklah sebelum duduk kita mengerjakan shalat sunnah dua raka’at. Saat memasuki masjid kaki kanan hendaknya didahulukan. Dan pada saat didalam masjid, hendaklah niat beri’tikaf sebelum duduk kemudian shalat sunnah tahiyat masjid dua rakkat.

6. Shalat Sunnah Istikharah
Shalat Sunnah Istikharah adalah sholat dua raka’at dengan tujuan untuk meminta atau memohon petunjuk dari Allah SWT, terhadap salah satu dari dua yang lebih baik dan lebih cocok sehingga hatinya mantap dan tidak bimbang serta tidak menyesal dikemudian hari. Dan waktunya boleh dikerjakan siang atau malam hari, tapi lebih baik dikerjakan pada malam hari. Kemudian setelah shalat istikharah dan menyebutkan nama nama yang menjadi pilihannya.

7. Shalat Sunnah Tasbih
Shalat sunnah Tasbih shalat sunnah yang terdiri dari empat raka’at yang didalamnya ada bacaan tasbih sebanyak 300x, dalam rangka untuk mendapatkan ampunan dari Allah akan dosa-dosa terdahulu atau yang akan datang, yang terlihat atau yang tidak terlihat, dan yang disengaja atau tidak disengaja.

Shalat tasbih boleh dikerjakan satu kali dalam sehari semalam, jika tidak sempat boleh dikerjakan satu kali dalam seminggu, jika tidak sempat boleh dikerjakan satu kali dalam sebulan, jika tidak sempat boleh dikerjakan satu kali dalam setahun, dan jika tidak sempat juga boleh dikerjakan satu kali dalam seumur hidup,

8. Shalat Sunnah Gerhana
Shalat ini dilakukan saat terjadi gerhana, baik gerhana matahari maupun gerhana bulan dan diikerjakan sebanyak dua raka’at.  Shalat gerhana bulan disebut shalat khusuf, sedangkan shalat gerhana matahari disebut shalat kusuf. Kedua shalat ini Hukumnya sunnah muakkad.

Waktu mengerjakan adalah mulai dari terjadinya gerhana bulan/gerhana matahari, sampai bulan terbit kembali (nampak utuh) atau sampai matahari terlihat kembali.

Bacaan pada shalat gerhana matahari hendaklah rendah (sir), sementara dalam gerhana bulan bacaan dikeraskan (jahar)
9. Shalat Sunnah Witir
Shalat witir yaitu shalat malam yang raka’atnya ganjil, paling sedikit dikerjakan satu raka’at dan paling banyak dikerjakan 11 raka’at. Hukum solat sunnah witir itu adalah sunnah muakkad, yang waktu mengerjakannya sesudah shalat ‘Isya hingga fajar dan biasanya dirangkaikan dengan shalat sunnah terawih.
10. Shalat Sunnah Hajat
Shalat sunnah hajat adalah shalat yang dikerjakan agar yang menjadi keinginan, tujuan, atau keperluan kita dikabulkan oleh Allah SWT, Shalat ini tidak hanya terbatas pada keinginan kita semata tetapi juga bisa untuk hubungan antar sesama manusia. Dan agar keinginan kita dimudahkan oleh Allah. Shalat Sunnah hajat sedikitnya dikerjakan dua raka’at dan sebanyak banyaknya dikerjakan 12 rakaat, dengan setiap dua raka;at satu kali salam.

Demikian Penjelasan tentang 10 Macam Solat sunah yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari hari, dengan mengerjakannya akan menambah pahala kita dan meningkatkan ketakwaan kita pada Allah SWT. Semoga bermanfaat.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon