Berkata Baik Ketika Melihat orang yang akan meninggal dunia

Dakwah hijrah islamiBerkata Baik Ketika Melihat orang yang akan meninggal dunia ~ Ummu salamah berkata, Rasulullah saw bersabda: “Jika kamu akan melihat orang yang sedang sakit atau orang yang akan meninggal, maka kalian hendaknya selalu berkata yang baik-baik, karena Malaikat akan meng-amin-kan segala perkataanmu.” (HR. Muslim). Berdasarkan hadist tersebut beserta penerangannya dapatlah kita pahami bahwa adalah sunnah mendoakan mereka yang akan meninggal atau akan pergi dengan kebaikan kerena tentunya akan dibalas yang serupa atau lebih baik.


Gambar Berkata Baik Ketika Melihat orang yang akan meninggal dunia

Ucapankan kata kata yang baik ketika melihat orang yang meninggal Dunia

Ketika Abu Salamah meninggal dunia, Ummu Salamah pergi mendatangi Rasulullah saw, lalu berkata: “Wahai Rasulullah saw, Abu Salamah telah meninggal dunia.” Rasulullah lalu berkata, “Ucapkanlah olehmu, “Ya Allah, ampuni dosa-dosaku‘ dan dosa-dosa dia [ orang yang meninggal], dan berikanlah aku ganti balasan yang baik. Lalu Allah menggantinya ,dengan orang yang lebih baik padaku, yaitu Rasulullah saw menikahi Ummu salamah.

Dari Ummu salamah, dia mengatakan bahwa Rasulullah saw melihat Abu Salamah yang telah meninggal dengan mata yang masih terbuka, maka Rasulullah saw memejamkan mata Abu Salamah dan & berkata: “Apabila ruh telah keluar dari jasad, maka mata akan terus memperhatikannya.” Keluarga Abu Salamah semuanya berteriak [karena meninggalnya Abu Salamah), lalu Rasulullah saw berkata kepada mereka, “Hendaklah kamu memohon yang baik-baik saja, karena. Malaikat akan 'meng-amin-kan ucapanmu.”

Rasulullah saw kemudian berdo’a. “Ya Allah, ampunilah dosa-dosa Abu Salamah serta orang-orang yang ditinggalkannya, dan tinggikanlah derajatnya. Ya Allah, lapangkan serta berikan cahaya di dalam kubumya.”

Para ulama mengatakan bahwa apabila kamu menjenguk orang sakit atau orang meninggal, maka ucapkan kata-kata yang baik, karena Malaikat akan meng-amin-kan semua perkataanmu ketika itu. Oleh sebab itu, ulama suka sekali menjenguk orang-orang shalih yang meninggal, karena mereka bisa mengambil pelajaran (dari kematian orang shalih itu), dan mendoakannya serta orang-orang yang ditinggalkannya. Malaikat akan meng-amin-kan Segala permohonan yang diucapkan ketika itu, sehingga semuanya bermanfaat bagi si mayat dan orang-orang yang ditinggalkannya.

Sebalik larangan berkata buruk kepada yang sedang sakit atau orang yang akan meninggal dunia kerena kemungkinan akan menimpa kepada diri sendiri. Lebih bahaya lagi apabila kita mengucapkan hal yang buruk kepada orang tersebut, Walaupun keluarga atau sahabat memaafkan perbuatan tersebut, belum tentu orang yang sedang sakit itu bisa memaafkan. Justru ini adalah salah satu cara untuk meminta maaf kepada orang lain apabila kita menyakitinya, yaitu dengan mendoakannya. Sehingga segala doa kebaikanan akan kembali pada diri kita sendiri. Mendoakan keburukan kepada orang lain melambangkan keburukan akhlak seseorang biarpun dia seorang yang berilmu, terlebih lagi orang lain tersebut akan meninggal atau sedang sakit parah.

Janganlah disebabkan perbedaan pandangan dalam kehidupan membuat kita berselisih hingga menyakiti orang lain,  biarpun bukan muslim lebih lagi jika sesama muslim. Karena dunia ini hanya sementara, melihat peristiwa akhir hidup seseorang tentunya kita pun akan mengalami hal tersebut, maka doakanlah yang terbaik untuk orang tersebut, sementara tidak seorang pun tahu permulaan hidup yang abadi kecuali Allah Swt. Maka dari itu kita berhati-hati dalam berkata-kata terlebih lagi terhadap orang yang akan meninggal atau sedang sakit parah.

Demikian sedikit penjelasan Dakwah Hijrah Islami tentang Berkata baik ketika melihat orang yang akan meninggal dunia. Semoga kita bisa selalu mengingatkan dalam kebaikan, Mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan, Semoga bermanfaat. Terima kasih.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon