Beberapa Sifat Yang Tidak Disukai Allah

Dakwah hijrah islamiBeberapa sifat yang tidak disukai Allah ~ Tentunya sebagai manusia kita selalu ingin berbuat baik dan beramal soleh, dan untuk kita harus banyak belajar bagaimana cara menambah amalan soleh kita, dan juga menjauhi amalan buruk atau beberapa sifat yang tidak di sukai Allah, Agar kita terhindar dari dosa.
Gambar Beberapa Sifat Yang Tidak Disukai Allah

Ada beberapa sifat yang bisa membawa kita keperbuatan yang tidak baik, dan sifat sifat berikut ini tidak disukai Allah Swt, dan Allah juga melarang Umatnya melakukan Hal ini. Sungguh tegas disampaikan dalam Alquran, bahwa Allah itu sangat benci atau tidak menyukai sifat yang membawa kita pada perbuatan Dosa. Berikut dibawah Ini menunjukkan bahwa beberapa perbuatan yang akan disebutkan ini sangat tidak disukai Allah swt. 

Baiknya kita menghindari sifat yang tidak disukai Allah :

1. Kabar burung yang tidak jelas yang kitab belum tahu kebenarannya

Allah tidak menyukai sesuatu yang tidak jelas kebenarannya. Ini bertentangan dengan Al Quran, ada dalam Quran Surah 17:36). Sangat Berbahaya menyebarkan sesuatu yang tidak jelas kebenarannya bahkan ikut-ikutan saja tidak boleh dan dilarang. Jangan pernah kalian mengikuti sesuatu atau ajakan yang belum jelas sumber dan tujuannya. Kita harus Berhati-hati, dengan suatu berita yang belum kita tahu kebenaran dan sumbernya. Kalimat sederhana misal. Menyalahkan seseorang secara sengaja, padahal kita tidak tahu kebenarannya, hanya ikut-ikutan saja,dalam konteks Al Quran tidak boleh diikuti. Kenapa? karena tentu saja kalian belum bisa memastikan apakah orang itu benar benar bersalah. Bagaimana jika sebaliknya maka perbuatan seperti ini tidak disukai Allah SWT. Ketika suatu kali kalian terjebak pada kesalahan, menyalahi aturan Allah berbuat fasik. Maka Telinga kalian akan ditanya, mata kalian juga akan ditanya, bahkan pikiran kalian akan ditanya tentunya. Baiknya kita mencari tahu dulu kebenaran dari berita yang disampaikan. Sehingga kita tidak salah sangka.

2. Boros, menghamburkan harta kalian untuk sesuatu yang tidak bermanfaat

Tentunya jika kita mempunyai harta, baiknya digunakan untuk hal yang bermanfaat. Jangan disia-siakan harta yang kita miliki, bukan hanya menghilangkan esensinya atau nilai hartanya saja tapi menghilangkan nilai pahalanya juga. Termasuk menggunakan harta  untuk perbuatan maksiat atau mengunakan harta tidak pada tempatnya, yang tidak diridhoi Allah SWT. Aturan dalam Quran, setiap Allah menambahkan harta kepada kita. Itu bisa dinilai sebagai peluang lain bagi kita untuk meningkatkan ibadah lewat harta yang kita miliki. Karena mungkin peluang ibadah pada sisi yang lain selain harta misalnya, kurang mampu kita tunaikan. Maka dari itu Allah tambahkan rezeki yang lain melalui harta agar kalian maksimalkan ibadah lewat harta tersebut. Karena itulah ketika Allah titipkan harta agar bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, turun kaidahnya, kalian harus baca dan wajib pahami titipan Allah kepada kalian itu apa. Penjelasannya ada di  dalam(Quran Surah 28:77-79), "Setiap kami tambahkan keluasan harta benda, gunakan itu untuk mencari peluang terbaik untuk mendapatkan Akhirat." Dengan kata lain kita harus menggunakan harta yang kita miliki untuk ibadah demi kemuliaan akhirat. 

3. Banyak Bertanya kepada Sesuatu padahal Sudah Jelas Keterangannya

Dan yang terakhir adalah kita selalu bertanya pada sesuatu yang sudah jelas keterangaannya. Makanya kalau ada sesuatu yang sudah dijelas disampaikan misalnya terdapat dalam Al-quran dan Hadis jangan banyak dipertanyakan lagi. Sesuatu yang sudah terang dan sudah pasti, sudah jelas dengan sesuatu yang tertera tapi masih dipertanyaka sehingga mendapatkan kesulitan-kesulitan dalam prakteknya, karena terlalu banyak pertanyaan.

Demikian Sifat sifat yang tidak suka Allah Swt, semoga kita bisa terhindar dari sifat sifat tersebut. Dan tentunya kita terus belajar lebih baik. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika terdapat kesalahan. Terima kasih.


You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon