Obat Galau

Dunia hijrah islami, Obat Galau ~ Galau adalah suatu keadaan yang dialami seseorang yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti  urusan asmara, pekerjaan atau hal lain yang menuntut kita untuk segera membuat keputusan dan meyelesaikannya sehingga mengakibatkan perasaan kita menjadi labil dan cemas. Ketaatan kita dalam agama bisa menjadi solusi mengatasi rasa galau yang datang, yang menggangu fikiran dan aktifitas kita. Banyak solusi yang bisa mengatasai rasa galau yang kita hadapi.

Gambar Galau

Solusi Terbaik obat Galau

Semua Masalah yang dihadirkan Allah SWT akan buat kita jadi lebih dewasa dalam menghadapi kehidupan ini. Dan mesti sahabat ingat, Usaha dan Doa harus sejalan . Jalan yang paling hebat dalam menangani kegalauan adalah pendekatan pada Allah SWT.

Bedanya orang Mukmin dan tidak mukmin bisa dilihat pada saat keadaan mereka sedang mengalami kesedihan atau down. Orang mukmin jika sedang sedih, jika mengalami galau atau kekhawatiran obatnya adalah mengingat Allah SWT.

Allah SWT berfirman:
اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ  ۗ  اَ لَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ 
Tulisan dalam Latinnya sebahai berikut - allaziina aamanuu wa tathma`innu quluubuhum bizikrillaah, alaa bizikrillaahi tathma`innul-quluub*
"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 28)

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَاِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ اٰيٰتُهٗ زَادَتْهُمْ اِيْمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ  
Tulisan dalam Latinnya sebagai berikut - innamal-mu`minuunallaziina izaa zukirollaahu wajilat quluubuhum wa izaa tuliyat 'alaihim aayaatuhuu zaadat-hum iimaanaw wa 'alaa robbihim yatawakkaluun*
“ Bahwa Sesungguh nya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal,"
(QS. Al-Anfal 8: Ayat 2)
Inilah obat orang beriman, mungkin dia juga galau, mungkin dia juga lelah, mungkin juga dia sedih, mungkin juga dia khawatir. Tapi begitu diingatkan dengan nama Allah.

“ Tenang ada Allah, Tenang ada yang membantu, bukankah semua itu ditangan Allah?”
Sehingga langsung dia menjadi tenang. Itulah Mukmin yang sesungguhnya. Sedangkan orang yang tidak beriman, walaupun dia mengaku mukmin, walaupun KTP nya islam, tidak akan berhasil menjadi tenang dengan disebutkan nama Allah. Dan itu tidak berpengaruh pada dirinya. Ketenangan dia cari dengan cara jalan jalan, dengan cara berbelanja, dengan menonton, atau mendapatkan uang yang banyak, dia mencari ketenangan itu dengan ketemu temen, dia mencari ketenangan itu di semua tempat di bumi, kecuali di langit. Dan dia tidak akan mendapatkan ketenangan sejati, pada akhirnya dia akan tetap mengeluh. Tapi bagi orang Mukmin Allah dihatinya, sehingga ketika dia diingatkan dengan nama Allah, otomatis dia akan menjadi tenang.
Proses belajar dan menempa diri agar menjadi lebih baik Hidup ini merupakan hakikat hidup kita. Sungguh, begitu banyak hal dapat kita rangkum dari perjalanan kehidupan kita. Proses kehidupan hal yang kita rasakan, kita dengar,  kita lihat, kita keluarkan melalui lisan, semuanya bisa menjadi sesuatu pembelajaran dan pengalaman kita untuk selanjutnya dijadikan modal bagi proses perbaikan diri.
Semoga penjelasan ini dapat dijadikan sebagai referensi demi perbaikan diri terhadap rasa  "galau", dan alangkah baiknya jika kita saling mengingatkan untuk selalu mengingat Allah setiap saat dan setiap waktu sehingga hati kita menjadi tenang dan tentram. Amiin.

You might also like

2 Comments

Mendekatkan diri saat galau,
mmmm
alangkah baiknya memang selalu begitu, baik di kala hati sedih, atau senang. Semua kita lakukan dengan niat karena lillahi ta'ala.
apapun yang terjadi hari ini sebagai manusia biasa tak patut untuk menyalahkan dan selalu menyalahkan.
Bagaimanapun hidup terus berjalan,
solusi dekatkan diri kepada yang maha menciptakan, selalu cintaiNya, jangan sampai Cinta dunia melalikan kewajiban kita.

Manusia itu tempatnya salah Dan lupa, Ada baiknya saling mengingatkan ketika mereka sedang Jauh Dari Pencipta-Nya.
Thanks for comment 😊


EmoticonEmoticon