3 Kiat Khusyu Dalam shalat

Dakwah hijrah islami, Khusyu dalam shalat ~ Khusyu diterjemahkan dalam bahasa Arabnya dengan arti Alhudduw Wattaww’addu, Alhudduw artinya kepasrahan total, dan wattaww’addu adalah kerendahan hati. Jadi Khusyu itu adalah kepasrahan jiwa dan raga secara total yang disertai dengan sifat kerendahan hati. Bagi Orang khusyu shalat akan terasa ringan, tidak mudah untuk mencapai khusyu karena terkadang gangguan syetan membuat kita mengingat segala sesuatu dalam shalat, sehingga shalat kita menjadi tidak khusyu dan kita malah mengingat hal hal yang lain.

gambar tiga kiat khusyu dalam shalat

Berikut tiga kiat khusyu dalam shalat 

Bagaimana dalam hal prakteknya, ternyata dalam fiqih shalat khusyu itu dibagi menjadi tiga bagian atau tiga fase :

1. Khusyu sebelum Shalat
Yang dimaksud khusyu sebelum shalat adalah Pada saat sebelum solat sudah merasakan panggilan  menghadap Allah SWT, dengan segala persiapan sebelum shalat, contohnya segera memenuhi panggilan Allah pada saat waktu shalat, memakai atau menggunakan pakaian yang rapi atau pakaian terbaik yang kita punya, bisa mengunakan wangi wangian terbaik. Selain itu sempurnakan lah Wudhu Anda sebelum shalat, karena dengan sempurnanya wudhu kita, akan menambah kesempurnaan shalat kita.

2. Khusyu saat shalat
Yang dimaksud khusyu saat shalat adalah Pada saat solat sudah merasakan menghadap Allah SWT, dan akan melakukan komunikasi dengan Allah, sehingga kita benar benar total menghadap Allah. Merapatkan Shaf dalam shalat dan kita harus belajar memahami dan menghayati apa yang kita baca dalam shalat, dengan memahami dan menghayati bacaan shalat kita akan membuat kita lebih mengerti apa yang kita ucapkan dalam shalat. Dan bayangkanlah kita diciptakan Allah dan akan kembali pada Allah, dan lakukan yang terbaik untuk menghadap-NYA

3. Khusyu sesudah Shalat
Yang dimaksud khusyu sesudah shalat adalah Pada saat sesudah solat kita benar benar berdoa memohon Ampunan kepada Allah SWT. Berharap dengan kerendahan hati, memohon agar kita bisa lebih baik dan tetap istiqomah dalam beribadah dan kita yakin Allah akan mengabukan Doa doa yang kita panjatkan.

Demikianlah tiga kiat khusyu dalam shalat, yang bisa menghadirkan rasa khusyu kita dalam shalat, semoga bisa bermanfaat, dan dapat menciptakan rasa khusyu pada saat kita shalat, dengan adanya rasa khusyu dalam shalat kita, akan menambah keimanan kita untuk beribadah pada Allah SWT.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon